Adakan KKN di Maluku, Seorang Mahasiswi UGM Malah Jadi Korban Pemerkosaan Oleh Teman Kuliahnya Sendiri


Kasus pemerkosaan mahasiswi UGM yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) mencuat ke publik dan menjadi perbincangan dan Kasus tersebut dialami Agni (samaran) saak KKN di Pulau Seram, Maluku pada Juni 2017 silam.

Agen Domino

Agni yang merupakan mahasiswi Fisipol angkatan 2014 muncul dan menceritakan kejadian yang dialaminya, Kasus tersebut baru mencuat dan menjadi polemik di internal kampus setelah Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa (BPPM) Balairung menulis kasus tersebut dengan judul "Nalar Pincang UGM atas Kasus Perkosaan".

Berdasarkan cerita Agni yang ditulis Balairungpress, peristiwa pelecehan terjadi pada 30 Juni 2017, ketika Agni singgah di pondok pria karena terjebak hujan di perjalanan menuju pondok rekan wanitanya.

Karena sudah larut malam dengan kondisi desa yang gelap dan hujan, Agni dipersilahkan pelaku HS yang merupakan sesama Mahasiswa UGM untuk menginap, Terbatasnya tempat dan segala kondisi di luar membuat Agni dan HS pun tidur satu kamar dengan posisi tidur yang berjauhan.

HS melakukan asusila terhadap Agni saat sedang tertidur dan Agni sempat membalikkan badan menjauhi HS, tetapi HS menarik badannya dan mengulangi perbuatannya dengan lebih beringas.

"Saya pura-pura tidur dan berharap pelaku segera menghentikan perbuatannya. Saat itu aku tidak mampu berkata-kata. Aku hanya tanya ‘kamu ngapain?’", tutur Agni dan Esok harinya Agni memutuskan untuk menghubungi temannya yang di Jogja untuk bercerita karena merasa gelisah.

Teman Agni lantas menyuruhnya untuk melaporkan pelaku kepada Koordinator Mahasiswa Subunit (Kormasit), Koordinator Mahasiswa Unit (Kormanit), dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

Tak butuh waktu lama sampai kejadian tersebut diketahui seluruh anggota subunit, mereka pun sepakat melaporkan HS kepada Adam Pamudji Rahardjo, DPL mereka, HS mengatakan bahwa ia khilaf meraba dan memainkan bagian tubuh Agni, tanpa menyebutkan bahwa tindakan itu dilakukan tanpa izin.

Namun salah satu pejabat di DPkM yang tidak ingin disebutkan identitasnya menyarankan diselesaikan secara baik-baik dan kekeluargaan, sehingga tidak mengakibatkan keributan.

“Jangan menyebut dia (Agni) korban dulu. Ibarat kucing kalau diberi gereh (ikan asin dalam bahasa jawa) pasti kan setidak-tidaknya akan dicium-cium atau dimakan,” tuturnya menganalogikan.

Setelah laporan kasus bergulir, HS pun ditarik dari lokasi KKN dan kembali ke Yogyakarta pada tanggal 10 Juli 2017 dan Dasar penarikan tersebut adalah HS sudah tidak diterima oleh teman-temannya sehingga tidak lagi kondusif menjalankan program.

Beberapa pejabat DPkM kemeudian bertemu Agni. Mereka adalah Adam (DPL), Heru (Korwil), dan Djaka Marwasta (Kepala Subdirektorat KKN), Pada saat bertemu dengan Agni itu pula Djaka menyatakan bahwa dirinya tidak bisa memberikan sanksi DO kepada HS. Alasannya sanksi DO harus melalui prosedur pengajuan aduan ke komite etik UGM.

Sementara kasus kekerasan seksual yang dialami Agni dianggap bukan termasuk pelanggaran berat sehingga tidak perlu penanganan yang serius dan Kasus Agni memunculkan beragam respon dari publik, terutama civitas akademik UGM.

Pihak kampus dianggapan menutupi kasus tersebut dan tak berusaha menyelidiknya, Hal tersebut kemudian memunculkan petisi "Usut Tuntas Kasus Pemerkosaan KKN UGM" di situs Change.org.

Petisi tersebut telah ditandatangani sebanyak 42.739 orang, Kabid Humas dan Protokol UGM Iva Ariani tanggapi kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami Agni dan Iva menyatakan bahwa pihak UGM akan membawa kasus ini ke ranah hukum.

"Tim investigasi juga telah memberikan rekomendasi ke pimpinan universitas," jelas Iva pada Selasa (06/11/2018) malam, Rekomendasi yang dimaksud Iva adalah evaluasi nilai KKN, pemberian hukuman serta pemberian konseling psikologi.

Agen Sakong

Ia juga memastikan bahwa UGM akan melindungi penyintas yang melaporkan kasus tersebut, dan memastikan ia mendapatkan keadilan dan Pihak UGM akan memberikan sanksi secara akademik apabila tindakan tersebut terbukti kebenarannya.
________________________________________________________________________________
Lexusdomino agen poker | agen domino | domino online | agen qq | qq online | bandarq
Daftar Sekarang Juga Dan Dapatkan Bonus Cashback Terbesar 0.5% Dibagikan Setiap Hari Dan Bonus Referral Terbesar 20% Seumur Hidup
SKYPE : Lexus.domino
PIN BB : 2BBE13EB / D8E00C0E
Whatsapp : +62812-9653-7184
Website : LEXUSDOMINO
____________________________________________________________________________________________________________________

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adakan KKN di Maluku, Seorang Mahasiswi UGM Malah Jadi Korban Pemerkosaan Oleh Teman Kuliahnya Sendiri"

Post a Comment